Guru Penggerak Tugas Modul 1.2.a.6 Demonstrasi Konstektual

 


Poin utama tugas kisah narasi ini adalah pada kedalaman penggambaran detail kegiatan yang mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak.

Nilai Guru Penggerak ada 5, Saya menyingkatnya menjadi “MR. KIBE” yang merupakan kepanjangan dari :

1. Mandiri (Daya Lenting)

2. Reflektif (Daya Saing)

3. Kolaboratif (Daya Sanding)

4. Inovatif (Daya Lentur)

5. Berpihak Kepada Murid

Dari kelima nilai guru penggerak tersebut, saya berfikir “bagaimana gambaran diri saya sebagai guru penggerak dimasa depan ?”

1. Mandiri

Sebagai seorang guru, saya harus senantiasa melatih diri sendiri dalam melakukan aksi serta berkenan mengambil tanggung jawab dan turun tangan untuk memulai perubahan. Seorang guru harus secara sengaja merencanakan dan melaksanakan perbaikan diri sehingga makin menguasai dan makin ahli dalam apapun yang dianggap perlu untuk membawa perubahan yang berpihak kepada murid.

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan secara berkelanjutan :

a. Melakukan refleksi dengan teman/komunitas

b. Bertukar pikiran dengan Kepala Sekolah tentang proses pembelajaran yang sudah dilakukan

c. Mengikuti pelatihan, baik Workshop, Webinar dan Bimtek

2. Reflektif

Saya senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi disekeliling saya, baik yang terjadi pada saya sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif.

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan secara berkelanjutan :

a. Berbagi pengalaman cara cara mengajar dengan rekan guru dari berbagai tingkatan (TK, SD, SMP, SMA)

b. Mencari tau tentang program yang berkembang di sekolah lain untuk dianalisis dan apakah memungkinkan jika diterapkan disekolah sendiri.

3. Kolaboratif

Nilai kolaboratif berarti seorang guru penggerak mampu senantiasa membangun daya sanding. Nilai yang akan saya kembangkan adalah menjalin kerjasama, baik dengan rekan sejawat, warga sekolah, dan masyarakat dilingkungan sekolah.

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan secara berkelanjutan :

a. Melibatkan Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran untuk menata siswa.

b. Menjalin kerjasama dengan guru di lain sekolah untuk menemukan iklim pembelajaran yang sejuk

c. Melibatkan peran Komite dan masyarakat sekolah dalam program kelas maupun sekolah (pameran, pentas seni dll)

4. Inovatif

Makna dari nilai inovatif adalahseorang guru penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Nilai inovatif yang saya miliki diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menemukan kemerdekaannya dalam belajar

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan secara berkelanjutan :

a. Mengenalkan Googleclassroom kepada peserta didik sebagai kelas virtual

b. Menggunakan media streaming (youtube) sebagai bahan referensi belajar peserta didik

c. Memanfaatkan Canva for education untuk membuat media pembelajaran

5. Berpihak Kepada Murid

Sebagai seorang pendidik, keputusan yang saya ambil harus didasari oleh semangat untuk memberdayakan diri saya untuk memanfaatkan aset yang ada untuk menyediakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang positif serta berkualitas bagi murid saya.

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan secara berkelanjutan :

a. Memberikan kesempatan kepada anak menyampaikan pendapatnya

b. Memaparkan hasil kerjanya didepan kelas

c. Mengenalkan adaptasi teknologi

d. Membawa anak belajar bersama lingkungan

 

Berikut Tugas saya dalam bentuk Video :


 

GURU BERGERAK INDONESIA MAJU.
Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.