Pada tugas kali ini, kita diajak untuk menelaah kembali
rangkaian pembelajaran mulai dari Modul 1.1 hingga akhir Modul 1.2.
Pada tugas kali ini, kita diajak untuk menelaah kembali
rangkaian pembelajaran mulai dari Modul 1.1 hingga akhir Modul 1.2.
1. Peristiwa :
Momen yang paling penting/menantang/mencerahkan bagi saya
dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2
Jangan membelenggu kreatifitas anak, karena akan berdampak
pada masa depan mereka. Salah satu contoh yang dapat adalah cerita tentang
seekor gajah yang kakinya diikat rantai kecil, salah seorang yang melihat bingung,
“ia berfikir, kenapa gajah tersebut tidak menggunakan tenaganya untuk
melepaskan diri”, akhirnya orang tersebut menanyakan kepada sang pawang gajah.
Sang pawang menjawab bahwa gajah tersebut tidak melarikan diri karena pada saat
gajah tersebut masih kecil sudah diikat dengan rantai yang besar, sehingga
berapakalipun gajah tersebut berusaha melepaskan diri tetap gagal, kejadian
tersebut yang membuat gajah berfikir bahwa yang ia alami saat kecil pasti akan
sama walaupun dilakukan sekarang.
2. Perasaan :
Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan ….
Memiliki sayap untuk terbang bersama mereka menggapai
kemerdekaan belajar serta mengenal lebih jauh nilai luhur para peserta didik.
3. Pembelajaran :
Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa ….
Peserta didik harus belajar sesuai standarisasi umum (KKM)
yang dapat membelenggu kreatifitas mereka dalam belajar.
4. Penerapan ke depan (Rencana) :
Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang
dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai
dan peran saya sebagai Guru Penggerak ?
Melakkukan refleksi dan pengembangan diri agar anak
mendapatkan kemerdekaan belajar, baik dengan meningkatkan kemampuan TPACK serta
berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik.
GURU BERGERAK INDONESIA MAJU