Pada aksi nyata modul 1.2.a.9 ini, Saya melaksanakan rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P di bagian Koneksi Antar Materi mengenai “pengembangan DIRI yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang”
Rencana yang saya tulis adalah melakkukan refleksi dan pengembangan diri agar anak mendapatkan kemerdekaan belajar. Dalam konteks ini, saya bersama teman-teman CGP dari kecamatan saya melakukan pengembangan diri dan refleksi terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka mengajar.
Kesempatan ini kami dapatkan dari Ibu Nur Rofiah, S.Pd (Kepala SDN 1 Jatilawang) beliau merupakan perwakilan dari K3S untuk mengikuti pelatihan IKM dan PMM di LPMP Jateng, tentu saja kesempatan ini sangat membatu kami para CGP dalam meningkatkan pengembangan diri serta refleksi terhadap komponen apa saja yang harus dimiliki seorang guru dalam menerapkan kurikulum merdeka.
Proses dalam melaksanakan Diseminasi IKM dan PMM terbagi dalam beberapa tahap, antara lain :
1. Persiapan
Persiapan dilakukan 3 hari sebelum pelaksanaan Diseminasi. Panitia Pelaksanaan yaitu K3S Kecamatan Jatilawang menghadirkan Kordinator Korwilcam Dindik Jatilawang (Bpk. Eko Purnomo, S.Pd), Pemateri (Ibu Nur Rofiah, Bpk. Suharno, dan CGP). Pada tahap persiapan dilakukan koreksi dan refleksi terhadap kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 4-7 juli 2022.
2. Pelaksanaan
Pelaksanaan Diseminasi dilakukan selama 4 hari, yaitu dari tanggal 4 – 7 Juli 2022 dengan total peserta 155 orang, yaitu peserta Guru Kelas 1 (39 orang), Guru Kelas 4 (39 orang), Guru Mapel PJOK & PAI (46 orang), dan Kepala Sekolah (31 orang). Para peserta akan dibagi menjadi 4 kelas, dimana pembagian kelasnya adalah sebagai berikut :
1. Kelas A (Kepala Sekolah)
2. Kelas B (Guru Kelas 1)
3. Kelas C (Guru Kelas 4)
4. Kelas D (Guru Mapel PJOK & PAI)
Materi yang disampaikan dalam Diseminasi
IKM dan PMM adalah sebagai berikut :
1. Pre-Test
2. Kebijakan
Kemendikbud Ristek
3. Kebijakan
kurikulum merdeka
4. Penyusunan
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
5. Pengembangan
Perangkat Ajar (TP, ATP, MA)
6. Assesment
Pembelajaran
7. Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila
8. Pemanfaatan
Platform Teknologi untuk Digitalisasi Sekolah
9. Perencanaan
Berbasis Data
10. Post-Test
Sebelum para peserta dapat mengakses / mengikuti materi yang
akan disampaikan dalam Diseminasi, Peserta diwajibkan mengaktifkan dan
menggunakan akun belajar.id karena
nantinya semua materi dan tugas dalam Diseminasi akan disimpan dalam drive yang
dapat diakses semua peserta, sehingga hal ini meminimalisir file rusak atau
bahkan hilang.
Kami para CGP membuat microsite (web mini) untuk mempermudah akses para peserta Diseminasi, microsite ini berfungsi sebagai navigasi para peserta IKM dan PMM dalam mengakses dan mengumpulkan hasil kerja mereka, sehingga lebih efisien dan efektif.
3. Hasil
Hasil Diseminasi penerapan IKM dan PMM dibuat dalam bentuk Pre-Test, Pengerjaan Lembar Kerja (setiap materi) dan Post-Test. Dengan menggunakan 3 bentuk tersebut, peserta diseminasi dapat beradaptasi dengan baik, hal ini dibuktikan dengan antusias peserta dalam menyelesaikan 3 bentuk tugas tersebut dengan maksimal dan tepat waktu.
4. Refleksi
Kami sebagai CGP sangat berterimakasih tentunya karena dapat berpartisipasi dalam kegiatan diseminasi ini, kami berupaya untuk terus berbenah diri, meningkatkan kompetensi dan terus membangun komunitas praktisi bersama rekan guru lain khususnya di kecamatan Jatilawang ini. Motivasi dari pemateri lain sangat menginspirasi kami untuk terus berkembang menyongsong perubahan, tentunya bukan hanya perubahan aspek kognitif saja melainkan akhlak, budi pekerti dan hati kami dalam menerapkan kemerdekaan belajar untuk para anak didik kami.
Besar harapan kami agar dalam kelanjutan diseminasi ini pada KKG di setiap gugus dapat terlaksana dengan baik dan tentunta kami siap untuk terus berpartisipasi menggembangkan kemerdekaan belajar anak serta kemajuan pendidikan di Indonesia.
5. Galeri