Soal dan Pembahasan Bilangan Cacah Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal dan Pembahasan bilangan cacah kelas 4 kurikulum merdeka halaman 21 buku siswa

 

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang materi bilangan cacah dengan mengerjakan soal latihan berikut ini. Jangan lupa untuk terus belajar dan tidak terpadu pada hasil jawaban yang sudah disediakan, hal ini untuk menghidari kita agar tidak malas dalam belajar, contoh pembahasan ini hanya sebagai pemicu kita untuk dapat memahami apa maksud dari soal matematika tentang bilangan cacah.


Pembahasan soal halaman 21 buku matematika kelas 4 kurikulum merdeka

SOAL LATIHAN

Ayo, ringkas apa yang telah kita pelajari tentang bilangan bulat besar.

1. Bilangan yang menyatakan 10 kumpulan 10 juta adalah ….

Pembahasan :

10 x 10 juta = 100 juta


2. Bilangan yang menyatakan 10 kumpulan 100 miliar adalah ….

Pembahasan :

10 X 100 miliar = 1 triliun


3. 100 juta adalah …. kumpulan 10 ribu.

Pembahasan :

100.000.000 : 10.000 = 10.000 (10 ribu)


4. 1 triliun adalah …. kumpulan 100 ribu.

Pembahasan :

1.000.000.000.000 : 100.000 = 10.000.000 (10 juta)


5. Angka 7 pada bilangan 72.000.000.000.000 mempunyai arti 7 kumpulan

Pembahasan :

10 triliun

Sehingga jika kita kalikan 7 x 10 triliun maka menghasilkan nilai 70 triliun

 

Ayo, tulis dan baca bilangan berikut ini.

1. Bilangan yang merupakan jumlah dari 46 kumpulan 1 triliun dan 2.375 kumpulan 100 juta.

Pembahasan :

46 kumpulan 1 triliun = 46.000.000.000.000

2.375 kumpulan 100 juta = 237.500.000.000

46.000.000.000.000 + 237.500.000.000 = 46.237.500.000.000 (empat puluh enam triliun dua ratus tiga puluh tujuh miliar lima ratus juta)


2. Bilangan yang merupakan jumlah dari 20 kumpulan 10 triliun dan 45 kumpulan 10 miliar.

Pembahasan :

20 kumpulan 10 triliun = 200.000.000.000.000

45 kumpulan 10 miliar = 45.000.000.000

200.000.000.000.000 + 45.000.000.000 = 200.045.000.000.000 (dua ratus triliun empat puluh lima miliar)


3. Bilangan yang menyatakan 10 kali 180 miliar.

Pembahasan :

10 x 180 miliar = 1800 miliar atau 1 triliun dan 800 miliar


4. Bilangan yang menyatakan 1/10 dari 23 triliun.

Pembahasan :

1/10 x 23.000.000.000.000 = 2.300.000.000.000 (dua triliun tiga ratus miliar)

 

Ayo, hitung kalimat matematika berikut.

1. 38 miliar 300 juta + 42 miliar dan 900 juta

Pembahasan :

Pisahkan antara miliar dan juta agar lebih mudah

(38 + 42) miliar (300 + 900) juta

= 80 miliar 1200 juta (1200 juta sama dengan 1 miliar 200 juta)

= 81 miliar 200 juta


2. 73 juta 510 ribu – 3 juta dan 960 ribu

Pembahasan :

(73 - 3) juta (510 - 960) ribu

= 72 juta (510 - 960) ribu (karena 510-960 tidak bisa, maka pinjam 1 juta dari 72 juta)

= 71 juta (1.510 - 960) ribu

= 71 juta 550 ribu


3. 5 juta 260 ribu x 5

Pembahasan :

(5 x 5) juta = 25 juta

(260 x 5) ribu = 1300 ribu ( 1 juta 300 ribu)

= 25 juta 1300 ribu

= 26 juta 300 ribu


4. 7 miliar 200 juta : 8

Pembahasan :

7 miliar = 7000 juta

7 miliar 200 juta = 7200 juta/8 = 900 juta

 

Ayo, buat beberapa bilangan dengan menggunakan 14 angka yang berada di kotak-kotak di bawah ini.



1. Buatlah bilangan yang terbesar.

Pembahasan :

98.765.432.100.000

2. Buatlah bilangan yang terkecil.

Pembahasan :

12.345.678.900.000

Sekian pembahasan tentang soal matematika materi bilangan cacah pada kurikulum merdeka. Semoga artikel ini dapat membantu belajar siswa kelas 4 dan memberikan pemahaman tentang maksud soal. Pembahasan pada artikel ini tidak menjamin benar. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan dengan yang lain.


Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.