Guru Penggerak Tugas Modul 1.1.a.3 Reflektif Kritis Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Pertanyaan Reflektif kritis terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD pada modul 1.1.a.3


 

Pertanyaan Reflektif kritis terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD pada modul 1.1.a.3

Kita akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik

  1. Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

    a. Memahami filosofi dasar pendidikan KHD.

    b. Mengetahui perbedaan pendidikan di era kolonial dengan pendidikan sekarang.

    c. Memahami 3 prinsip dan transformasi perubahan berdasarkan pemikiran KHD, yaitu kodrat keadaan, konsep trikon, dan esensi dari budi pekerti.

    d. Lebih mengerti tentang maksud Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani.

    e. Membuat desain pembelajaran dengan memasukkan nilai positif dari pemikiran KHD.

    Saya merasa tersadar bahwa ternyata konteks budaya lokal sangatlah penting dan berpengaruh dalam tumbuh kembang budaya karakter peserta didik khususnya pada era pendidikan 4.0 ini.

  2. Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

    Pengajaran yang kita laksanakan sesuai dengan filosofi KHD :

    a. Pengajaran harus ke arah kecerdasan budi pekerti,

    b. mendidik ke arah kekeluargaan dan bersama-sama,

    c. mengembangkan keluhuran budi. Guru bukan sekedar berperan sebagai pembimbing dan perantara dalam pembelajaran, guru juga sebagai teman bagi siswa.

    Memahami konsep pendidikan diibaratkan sawah sebagai tempat persemaian benih-benih. Dimana benih-benih tersebut harus diberikan perawatan yg tepat, pupuk yang tepat. Dan jangan sekali-kali berharap saat kita menanam jagung akan tumbuh padi. Begitu pula sebaliknya.. Disini kita diajarkan bahwa anak harus bertumbuh kembang sesuai dengan potensinya masing-masing

  3. Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

    Sudah.

    Berusaha sebagai Guru sekaligus sebagai sahabat siswa harus mampu membimbing mereka sesuai jamannya, tetapi tetap dengan tidak meninggalkan nilai-nilai luhur yang pernah diterapkan oleh Ki Hajar Dewantara.

  4. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

    Meningkatnya kualitas guru dan tentu saja dapat memberikan rasa merdeka belajar untuk peserta didik

  5. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

    Dapat menerapkan nilai budaya luhur dalam proses pembelajaran.

  6. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

    Mendapat tambahan wawasan mengenai pendidikan yang memuat karakter sesuai nilai nilai luhur Ki Hadjar Dewantara

Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.