Guru Penggerak Tugas Modul 1.2.a.4.1 Eksplorasi Konsep Nilai Guru Penggerak

 


Pada Tugas Modul ini, Kita akan ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu kita dalam melayani murid saya dengan lebih baik

Nilai Guru Penggerak yang akan saya bahas adalah INOVATIF.

Nilai Inovatif dari seorang Guru Penggerak adalah mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan yang ada saat itu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi.

Hal yang akan saya lakukan dalam membuat Inovasi untuk peserta didik saya adalah, saya akan memberikan kertas kesan, dimana nantinya murid akan mendapatkan 2 kertas yang mana 1 kertas bertulisan hal baik yang dialami pada hari tersebut, dan kertas kesan yang satunya berisi tentang hal buruk yang mereka alami di sekolah.

Hal ini dapat membantu saya mengetahui apa yang anak rasakan bukan hanya dalam pembelajaran namun juga disekolah, dengan begitu kita sebagai seorang guru mampu memberikan peran yang sesuai pada kondisi dimana anak mungkin belum mau menceritakan apa yang sedang dialaminya, kertas kesan ini akan menjadi referensi guru tentang apa yang anak terima dan apa yang anak belum terima di lingkungan sekolah.

10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini :

  1. Mendorong Tercapainya Profil Pelajar Pancasila

    Dengan menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dilingkungan sekolah

  2. Mendorong Prestasi Akademik/Non Akademik

    Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan memfasilitasi siswa dalam mengikuti ekstakulikuler

  3. Mengajar Dengan Kreatif

    Proses pembelajaran tidak hanya didalam kelas melainkan memanfaatkan lingkungan disekolah

  4. Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi

    Guru harus mencintai perbedaan dan keragaman dalam proses belajar anak dikelas.

  5. Menggunakan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) 

    Mengenalkan anak dengan adaptasi teknologi (pembelajaran menggunakan media online : googleform, quizizz, classpoint, powerpoint, dll.)

  6. Merefleksi Pembelajaran

    Guru harus mampu menemukan masalah dan dapat berbagi dengan rekan guru maupun kepala sekolah

  7. Mengembangkan Diri

    Guru hendaknya dapat meningkatkan potensi dirinya dengan mengikuti Webinar ataupun Pelatihan yang mendukung kinerjanya sebagai guru penggerak.

  8. Mendorong Tumbuh Kembang Murid Secara Holistik

    Guru penggerak tidak terpaku pada kelasnya saja, namun seluruh peserta didik disekolah

  9. Menjadi Mentor/Coach bagi guru lain

    Menularkan apa yang sudah diperoleh/dimiliki untuk mengembangkan pembelajaran pada rekan guru

  10. Membangun Komunikasi yang Efektif Dengan Lembaga lain 

    Menularkan apa yang sudah dipelajari dan didapat dengan komunitas guru lain baik itu KKG ataupun komunitas guru kelas/mapel.


GURU BERGERAK INDONESIA MAJU

Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.