Pada modul 1 Merdeka Mengajar tentang mengenali &
memahami diri sebagai pendidik, ada 7 hal yang dipelajari yaitu :
a. Mampu mengenali kekuatan dan kelemahan diri.
b. Mengenali karakter dan kebutuhan murid.
c. Menjadi manusia merdeka yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri.
d. Pendidikan menentukan kodrat yang ada pada murid.
e. Pendidik berperan penting pada perkembangan murid.
f. Mendidik anak sama dengan mendidik rakyat.
g. Guru harus adaptif terhadap perubahan.
Pada bagian post test, ada 10 pertanyaan yang akan mengasah
pemahaman kita tentang apa itu mengenali & memahami diri sebagai pendidik.
Soal tersedia dalam bentuk pilihan ganda, jika kita belum memenuhi nilai yang
ditetapkan, maka kita diharuskan mengulang pemahaman materi sebelumnya.
Berikut 10 soal post test tentang mengenali & memahami diri sebagai pendidik.
1. Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar
merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah:
a. Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan
b. Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam
kelas
c. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri
dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan
d. Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan
belajar yang sudah dibuatkan oleh guru di sekolah
2. Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?
a. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri,
namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan.
b. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri
baik lahir maupun bantin, tidak tergantung dengan orang lain.
c. Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga
dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka.
d. Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri.
3. Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar
dapat memperbaiki....
a. Perilakunya
b. Dasar hidupnya
c. Kekuatan kodratnya
d. Potensinya
4. Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan
oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka,
kecuali ...
a. Memahami peran diri menjadi pendidik
b. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik
c. Membuat perencanaan kegiatan belajar
d. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid
5. Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu
dimaknai oleh murid?
a. Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta
pendidikan karakter
b. Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk
terus belajar
c. Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar,
serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya
d. Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka
bersosialisasi
6. Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik
anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti...
a. Mendidik keluarga
b. Mendidik masyarakat
c. Mendidik teman belajar
d. Mendidik guru
7. Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native,
fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari
keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi
digital native?
a. Generasi yang tumbuh di era transisi digital
b. Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi
digital
c. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital
d. Generasi yang menemukan teknologi digital
8. Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan
menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa
depan?
a. Kesenian
b. Kebudayaan
c. Adat istiadat
d. Keterampilan
9. Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman
yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?
a. Inovatif
b. Efektif
c. Adaptif
d. Reflektif
10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang
memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....
a. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses
belajarnya
b. Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
c. Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
d. Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling, memahami, menghargai, dan membutuhkan.
Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami materi dan pertanyaan post-test pada modul 1 tentang mengenali & memahami diri sebagai pendidik.
Selanjutnya pemahaman tentang Modul
2 Mendidik dan Mengajar