Pada modul 2 Merdeka Mengajar tentang Mendidik dan Mengajar,
ada 6 hal yang dipelajari yaitu :
a.
Pengajaran merupakan bagian dari Pendidikan
b.
Pengajaran merupakan cara menyampaikan ilmu
c.
Mendidik adalah menuntut segala kodrat yang ada
pada murid
d. Pendidikan tidak hanya sekedar memberi
pengetahuan, namum mendidik ketrampilan berfikir dan mengembangkan kecerdasan
batin murid
e.
Menerapkan system Among
f.
Manusia merdeka merupakan manusia yang dapat
memerintah dan menguasai dirinya
Pada bagian post test, ada 12 pertanyaan yang akan mengasah
pemahaman kita tentang apa itu mendidik dan mengajar. Soal tersedia dalam
bentuk pilihan ganda, jika kita belum memenuhi nilai yang ditetapkan, maka kita
diharuskan mengulang pemahaman materi sebelumnya.
Berikut 12 soal post test tentang mendidik dan mengajar.
1. Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai
“tuntunan”. Artinya...
A. Tuntunan guru untuk membimbing murid
B. Tuntunan dalam proses pembelajaran
C. Tuntunan murid untuk berprestasi
D. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan
kodratnya
2. Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki
Hadjar Dewantara?
A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar
mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik
itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
B. Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi
perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di
sekitarnya.
C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui
sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang
dimiliki lebih baik untuk masa depannya.
D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik
setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal
3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali ....
A. Guru menyampaikan cara membuat puisi
B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang
diajarkan
4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara
menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
A. Menuntun
B. Tuntunan
C. Pendidikan
D. Pengajaran
5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari
"tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki
murid adalah...
A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
B. Akal budi yang berkembang
C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri
6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap
kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar
Dewantara...
A. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
B. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari Pendidikan
D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan
7. Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran
dapat menyebabkan...
A. Murid malas belajar
B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
C. Murid tertekan untuk sekolah
D. Sistem penilaian tidak sesuai
8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat
mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya...
A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
C. Pendidikan intelektual dan emosional
D. Pendidikan emosional dan olah rasa
9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk
mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid
untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini,
kecuali...
A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
B. Berperasaan
C. Dapat bekerja berdasarkan kehendak
D. Mengatur orang lain
10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita
menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
B. Humanis, Kerakyatanm dan Praktis
C. Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis
11. Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara
adalah berikut ini kecuali...
A. Berdaya
B. Berbudi pekerti
C. Beriman
D. Berkuasa atas kehendak diri
12. Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran
(olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat
dipisahkan, karena...
A. Penting untuk masa depan
B. Membuat diri murid menjadi seimbang
C. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup
murid
D. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan
Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami materi dan
pertanyaan post-test pada modul 2 tentang mendidik dan mengajar.
Selanjutnya pemahaman Modul 3
tentang Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh.