Pada modul 3 Merdeka Mengajar tentang mendampingi murid
dengan utuh dan menyeluruh, ada 4 hal yang dipelajari yaitu :
1. Pendidikan bergerak secara dinamis menyesuaikan keadaan yang bergerak begitu cepat
2. Setiap murid dilahirkan dengan kodrat alam yang berbeda-beda
3. Kita tidak bisa mencegah perubahan zaman, sehingga cara mendidik kita harus berkembang sesuai zaman
4. Guru merancang pembelajaran yang berkelanjutan menggunakan asas Trikon (Kontinyu, Konvergen, Konsentris)
Pada bagian post test, ada 10 pertanyaan yang akan mengasah
pemahaman kita tentang apa itu mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh.
Soal tersedia dalam bentuk pilihan ganda, jika kita belum memenuhi nilai yang
ditetapkan, maka kita diharuskan mengulang pemahaman materi sebelumnya.
Berikut 10 soal post test tentang mendampingi murid dengan
utuh dan menyeluruh.
1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri
dari...
A. Kodrat alam dan kodrat zaman.
B. Kodrat alam dan kodrat dunia.
C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.
D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat.
2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu
mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.
B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang
mendukung.
C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran
kontekstual.
D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.
3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia
(kemanusiaan) merupakan penjelasan dari...
A. Kontunuitas
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber
belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran
mandiri.
B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di
sekolah.
C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan
sumber belajar di sekitar murid.
D. Guru dapat berperan mencitpatakan tujuan belajar murid
untuk mencerdaskan bangsa.
5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga
dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan
kodratnya...
A. Pembelajaran mandiri
B. Pembelajaran praktis
C. Pembelajaran demokratis
D. Pembelajaran kontekstual
6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan
tuntunan yang sesuai dengan...
A. Minat dan potensinya
B. Tuntutan masa depan
C. Target belajar di sekolah
D. Kebutuhan lingkungannya
7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki
pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid ...
A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada
setiap murid.
B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid
C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada
setiap murid.
D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.
8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam
merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid...
A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi
murid
C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater
9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan
dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus
menerus. Prinsip tersebut adalah...
A. Kontinyu
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang
dapat dimiliki, kecuali...
A. Mengoptimalkan potensi diri
B. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambungan
C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya
D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi
peluang
Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami materi dan
pertanyaan post-test pada modul 3 tentang mendampingi murid dengan utuh dan
menyeluruh.
Selanjutnya pemahaman Modul 4 tentang Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti.