Soal Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Modul 3 Merdeka Mengajar tentang mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh

 

Pada modul 3 Merdeka Mengajar tentang mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh, ada 4 hal yang dipelajari yaitu :


1. Pendidikan bergerak secara dinamis menyesuaikan keadaan yang bergerak begitu cepat

2. Setiap murid dilahirkan dengan kodrat alam yang berbeda-beda

3. Kita tidak bisa mencegah perubahan zaman, sehingga cara mendidik kita harus berkembang sesuai zaman

4. Guru merancang pembelajaran yang berkelanjutan menggunakan asas Trikon (Kontinyu, Konvergen, Konsentris)

 

Pada bagian post test, ada 10 pertanyaan yang akan mengasah pemahaman kita tentang apa itu mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh. Soal tersedia dalam bentuk pilihan ganda, jika kita belum memenuhi nilai yang ditetapkan, maka kita diharuskan mengulang pemahaman materi sebelumnya.

Berikut 10 soal post test tentang mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh.

 

1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari...

A. Kodrat alam dan kodrat zaman.

B. Kodrat alam dan kodrat dunia.

C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.

D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat.

 

2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?

A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.

B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.

C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.

D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.

 

3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari...

A. Kontunuitas

B. Konvensi

C. Konvergen

D. Konsentris

 

4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?

A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.

B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.

C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.

D. Guru dapat berperan mencitpatakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.

 

5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya...

A. Pembelajaran mandiri

B. Pembelajaran praktis

C. Pembelajaran demokratis

D. Pembelajaran kontekstual

 

6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan...

A. Minat dan potensinya

B. Tuntutan masa depan

C. Target belajar di sekolah

D. Kebutuhan lingkungannya

 

7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid ...

A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.

B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid

C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid.

D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.

 

8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid...

A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya

B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid

C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS

D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater

 

9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah...

A. Kontinyu

B. Konvensi

C. Konvergen

D. Konsentris

 

10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali...

A. Mengoptimalkan potensi diri

B. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambungan

C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya

D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang

 

Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami materi dan pertanyaan post-test pada modul 3 tentang mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh.

 

Selanjutnya pemahaman Modul 4 tentang Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti.


Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.