Pada modul 4 Merdeka Mengajar tentang Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti, ada 4 hal yang dipelajari yaitu :
Pada bagian post test, ada 12 pertanyaan yang akan mengasah
pemahaman kita tentang apa itu mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti.
Soal tersedia dalam bentuk pilihan ganda, jika kita belum memenuhi nilai yang
ditetapkan, maka kita diharuskan mengulang pemahaman materi sebelumnya.
Berikut 12 soal post test tentang mendampingi murid dengan
utuh dan menyeluruh.
1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah
kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis
dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang
dimaksud, kecuali...
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi
pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari
bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga
menimbulkan suatu tenaga.
B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen
pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai
tersebut.
C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok
manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari
masyarakat tersebut.
D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan
merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan
ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya
3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut
ini, kecuali...
A. jiwa
B. cipta
C. karsa
D. rasa
4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang,
percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan...yang berperan menentukan
karakter seseorang.
A. bagian jasmani
B. bagian biologis
C. bagian intelligible
D. bagian keterampilan
5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan
adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. Ada kemauan
6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter
murid adalah...
A. Sekolah
B. Keluarga
C. Sahabat
D. Taman Kanak-Kanak
7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati
merupakan bagian dari kecakapan...
A. Kognitif
B. Afektif
C. Psikomotorik
D. Budi Pekerti
8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi
pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
B. Mengendalikan budi pekerti murid
C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama,
yaitu...
A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’
10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi
pekerti murid sehingga mampu...
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak - watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak - watak tidak baik murid
11.Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas
kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan
wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori...
A. Hereditas
B. Negatif
C. Komplementer
D. Tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian,
yaitu...
A. Biologis dan intelligible
B. Biologis dan fisiologis
C. Intelligible dan fisiologis
D. Tabularasa dan biologis
Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami materi dan
pertanyaan post-test pada modul 4 tentang mendidik dan melatih kecerdasan budi
pekerti.
Selanjutnya pemahaman Modul 5 tentang Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan.