Soal Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Modul 4 Merdeka Mengajar tentang Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

 

Pada modul 4 Merdeka Mengajar tentang Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti, ada 4 hal yang dipelajari yaitu :


1. Budi Pekerti merupakan kolaborasi antara gerak pikiran, perasaan, dan kehendak sehingga menimbulkan tenaga.

2. Budi Pekerti juga merupakan perpaduan cipta, rasa, dan karsa.

3. Bukti Pekerti murid tidak hanya dibentuk disekolah, namun juga di lingkungan keluarga dan masyarakat.

4. Kodrat anak diibaratkan kertas putih yang sudah memiliki goresan, tugas pendidik adalah membantu menebalkan dan memperjelas goresan tersebut.

 

Pada bagian post test, ada 12 pertanyaan yang akan mengasah pemahaman kita tentang apa itu mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti. Soal tersedia dalam bentuk pilihan ganda, jika kita belum memenuhi nilai yang ditetapkan, maka kita diharuskan mengulang pemahaman materi sebelumnya.

Berikut 12 soal post test tentang mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh.

 

1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali...

A. Rasa takut

B. Cemas

C. Percaya Diri

D. Pengetahuan

 

2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?

A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.

B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut.

D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya

 

3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...

A. jiwa

B. cipta

C. karsa

D. rasa

 

4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan...yang berperan menentukan karakter seseorang.

A. bagian jasmani

B. bagian biologis

C. bagian intelligible

D. bagian keterampilan

 

5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...

A. dibiarkan tanpa intervensi

B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan

C. memiliki bakat tertentu

D. Ada kemauan

 

6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah...

A. Sekolah

B. Keluarga

C. Sahabat

D. Taman Kanak-Kanak

 

7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan...

A. Kognitif

B. Afektif

C. Psikomotorik

D. Budi Pekerti

 

8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?

A. Membantu murid menemukan budi pekertinya

B. Mengendalikan budi pekerti murid

C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri

D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri

 

9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu...

A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’

B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’

C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’

D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’

 

10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...

A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis

B. menyamarkan watak - watak baik murid

C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis

D. menebalkan watak - watak tidak baik murid

 

11.Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori...

A. Hereditas

B. Negatif

C. Komplementer

D. Tabularasa

 

 

12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu...

A. Biologis dan intelligible

B. Biologis dan fisiologis

C. Intelligible dan fisiologis

D. Tabularasa dan biologis

 

Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami materi dan pertanyaan post-test pada modul 4 tentang mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti.

 

Selanjutnya pemahaman Modul 5 tentang Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan.


Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.