Coaching Untuk Supervisi Akademik

 

Alur percakapan coaching TIRTA dikembangkan dengan semangat merdeka belajar yang membuat kita memiliki paradigma berpikir, prinsip dan keterampilan coaching untuk memfasilitasi rekan sejawat agar dapat belajar dari situasi yang dihadapi dan membuat keputusan-keputusan bijaksana secara mandiri.

KASUS :

Penerapan Perkembangan Teknologi

 Pada Guru Abad 21 Belum Maksimal Terutama Pada Ruang Lingkup Sekolah Perdesaan.

 

Coach : Dwi Endah Budiyani

Cooche : Agus Prianto

Pengamat : Riska Widyowati

Sebagai seorang coach salah satu peran terpentingnya adalah membantu coachee menyadari potensi yang dimiliki untuk mengembangkan kompetensi dirinya, dan menjadi mandiri melalui pendampingan yang mengedepankan semangat memberdayakan

1.     TIRTA (Tujuan)

Tujuan Umum (Tahap awal dimana kedua pihak coach dan coachee menyepakati tujuan pembicaraan yang akan berlangsung. Idealnya tujuan ini datang dari coachee)

Dalam tujuan umum, beberapa hal yang dapat coach rancang (dalam pikiran coach) dan yang dapat ditanyakan kepada coachee diantaranya:

a.      Apa rencana pertemuan ini?

Pada pertemuan ini Saya ingin menyampaikan tentang perkembangan teknologi yang belum maksimal terjadi pada rekan guru saya, terutama pada sekolah-sekolah perdesaan di daerah saya.

b.      Apa tujuannya?

Tujuannya adalah Saya ingin mengenalkan manfaat yang diperoleh dengan menerapkan perkembangan teknologi baik itu untuk peningkatan kompetensi maupun dalam pembelajaran dengan siswa

c.      Apa tujuan dari pertemuan ini?

Tujuan dari pertemuan ini adalah menemukan solusi/cara yang dapat diterima rekan guru dalam memanfaatkan perkembangan teknologi di abad 21 ini, karena kita tau sekarang sedang dalam masa pendidikan 4.0

d.      Apa definisi tujuan akhir yang diketahui?

Rekan guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran dan peningkatan kompetensi agar nantinya kita para guru dapat menemukan iklim yang baru dan kreatif dalam mengembangkan minat belajar murid

e.      Apakah ukuran keberhasilan pertemuan ini?

Menemukan solusi yang dapat langsung berdampak positif sehingga dapat langsung dipraktekan pada ruang lingkup sekolah.

f.       Seorang coach menanyakan kepada coachee tentang sebenarnya tujuan yang ingin diraih?

Tujuan yang ingin diraih adalah rekan guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga mampu memiliki inovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai platform

 

2.     TIRTA (Identifikasi)

Identifikasi (Coach melakukan penggalian dan pemetaan situasi yang sedang dibicarakan, dan menghubungkan dengan fakta-fakta yang ada pada saat sesi).

Beberapa hal yang dapat ditanyakan dalam tahap identifikasi ini diantaranya adalah:

a.    Kesempatan apa yang Bapak/Ibu miliki sekarang?

Kesempatan yang saya miliki untuk sekarang ini adalah dengan adanya pergantian kurikulum dari K13 beralih menjadi Kurikulum Merdeka, dimana pada kurikulum merdeka kita sebagai guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi salah satunya adalah Platform Merdeka Mengajar

b.    Dari skala 1 hingga 10, dimana posisi Bapak/Ibu sekarang dalam pencapaian tujuan Anda?

Dalam pencapaian hingga saat ini saya berada di skala 4, karena baru pada tahap mengenalkan dan saya belum menemukan ketertarikan rekan terhadap perkembangan teknologi

c.    Apa kekuatan Bapak/Ibu dalam mencapai tujuan tersebut?

Kekuatan sebenarnya adalah kesabaran dan kolaborasi, sabar dalam memberikan motivasi serta berkolaborasi dengan rekan guru lain agar dapat memberikan informasi dan manfaat dalam menerapkan perkembangan teknologi pada ruang lingkup pendidikan.

d.    Peluang/kemungkinan apa yang bisa Bapak/Ibu ambil?

Kemungkinan yang dapat saya ambil adalah dengan menunjukan manfaat yang telah saya peroleh dalam memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satu contohnya adalah ketika kita memanfaat platform merdeka mengajar untuk mencari referensi tentang Modul Ajar.

e.    Apa hambatan atau gangguan yang dapat menghalangi Bapak/Ibu dalam meraih tujuan?

Hambatan utama dalam menerapkan teknologi adalah sinyal, karena kita tau dalam memanfaatkan perkembangan teknologi kita sangat membutuhkan jaringan internet karena untuk saat ini platform yang digunakan rata-rata berbasis clouds.

f.     Apa solusinya?

Solusi dari permasalahan tadi adalah kita menyiapkan waktu dan jaringan wifi yang dapat menampung minimal 10 user, sehingga nantinya dalam prakteknya tidak ada yang tertinggal karena pengaruh jaringan

 

3.     TIRTA (Rencana Aksi)

Rencana Aksi (Pengembangan ide atau alternatif solusi untuk rencana yang akan dibuat)

a.      Apa rencana Ibu/bapak dalam mencapai tujuan?

Rencana saya adalah menjadi guru model dalam menerapkan perkembangan teknologi pada sekolah saya, sehingga nantinya saya dapat membantu secara langsung jika rekan mengalami masalah

b.      Adakah prioritas?

Prioritas saya adalah mengenalkan manfaat dalam perkembangan teknologi, karena dengan mengenal manfaatnya maka akan tumbuh minat untuk mempelajarinya

c.      Apa strategi untuk itu?

Dengan berkolaborasi, baik itu dengan Kepala Sekolah, Kordinator Wilayah Kecamatan maupun sesama rekan guru yang memiliki minat dalam memanfaatkan perkembangan teknologi

d.      Bagaimana jangka waktunya?

Untuk jangka waktu kurang lebih 1 bulan dalam mengenalkan manfaat serta menumbuhkan minat rekan guru, dalam pencapainnya kita akan fleksibel karena kita tau rekan-rekan juga memiliki kesibukan yang lain

e.      Apa ukuran keberhasilan rencana aksi Bapak/Ibu?

Ukuran keberhasilannya adalah rekan guru memiliki minat dan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi khususnya pada ruang lingkup sekolah

f.       Bagaimana cara Bapak/Ibu mengantisipasi gangguan?

Persiapan sarana dan prasarana, karena saat ini jika kita berbicara teknologi sangat erat kaitannya dengan jaringan dan device yang dimiliki.

 

4.     TIRTA (Tanggung Jawab)

Tanggungjawab (Membuat komitmen atas hasil yang dicapai dan untuk langkah selanjutnya)

a.    Apa komitmen Bapak/Ibu terhadap rencana aksi?

Komitmen saya terhadap rencana aksi adalah mengenalkan kebermanfaatan teknologi, baik itu dengan cara daring maupun luring, karena menurut saya hal awal yang perlu dimiliki adalah kenal dahulu dengan target.

b.    Siapa dan apa yang dapat membantu Bapak/Ibu dalam menjaga komitmen?

Jelas semua rekan guru dan kepala sekolah

c.    Bagaimana dengan tindak lanjut dari sesi coaching ini?

Tindak lanjut saya adalah mulai menyusun langkah awal yang harus saya siapkan dalam menarik minta rekan guru dalam memanfaatkan teknologi, seperti mempraktekan perkembangan platform merdeka mengajar yang memang sangat berguna bagi sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka.


Seorang Guru Sekolah Dasar yang menyukai perkembangan teknologi dan digitalisasi

Posting Komentar

© AGUS PRIANTO. All rights reserved.