KASUS :
Penerapan Perkembangan
Teknologi
Pada Guru Abad 21 Belum Maksimal Terutama Pada
Ruang Lingkup Sekolah Perdesaan.
Coach : Dwi
Endah Budiyani
Cooche : Agus
Prianto
Pengamat : Riska Widyowati
1.
TIRTA
(Tujuan)
Tujuan Umum (Tahap awal dimana
kedua pihak coach dan coachee menyepakati tujuan pembicaraan yang akan berlangsung.
Idealnya tujuan ini datang dari coachee)
Dalam tujuan umum, beberapa hal
yang dapat coach rancang (dalam pikiran coach) dan yang dapat ditanyakan kepada
coachee diantaranya:
a.
Apa rencana pertemuan ini?
Pada pertemuan ini Saya ingin menyampaikan
tentang perkembangan teknologi yang belum maksimal terjadi pada rekan guru
saya, terutama pada sekolah-sekolah perdesaan di daerah saya.
b.
Apa tujuannya?
Tujuannya adalah Saya ingin mengenalkan manfaat
yang diperoleh dengan menerapkan perkembangan teknologi baik itu untuk
peningkatan kompetensi maupun dalam pembelajaran dengan siswa
c.
Apa tujuan dari pertemuan ini?
Tujuan dari pertemuan ini adalah menemukan
solusi/cara yang dapat diterima rekan guru dalam memanfaatkan perkembangan
teknologi di abad 21 ini, karena kita tau sekarang sedang dalam masa pendidikan
4.0
d.
Apa definisi tujuan akhir yang diketahui?
Rekan guru dapat memanfaatkan perkembangan
teknologi dalam pembelajaran dan peningkatan kompetensi agar nantinya kita para
guru dapat menemukan iklim yang baru dan kreatif dalam mengembangkan minat
belajar murid
e.
Apakah ukuran keberhasilan pertemuan ini?
Menemukan solusi yang dapat langsung berdampak
positif sehingga dapat langsung dipraktekan pada ruang lingkup sekolah.
f.
Seorang coach menanyakan kepada coachee tentang sebenarnya tujuan yang
ingin diraih?
Tujuan yang ingin diraih adalah rekan guru
dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga mampu memiliki inovasi dalam
pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai platform
2.
TIRTA (Identifikasi)
Identifikasi
(Coach melakukan penggalian dan pemetaan situasi yang sedang dibicarakan, dan
menghubungkan dengan fakta-fakta yang ada pada saat sesi).
Beberapa hal yang dapat ditanyakan
dalam tahap identifikasi ini diantaranya adalah:
a.
Kesempatan apa yang Bapak/Ibu miliki sekarang?
Kesempatan yang saya miliki untuk sekarang ini
adalah dengan adanya pergantian kurikulum dari K13 beralih menjadi Kurikulum
Merdeka, dimana pada kurikulum merdeka kita sebagai guru harus mampu
beradaptasi dengan perkembangan teknologi salah satunya adalah Platform Merdeka
Mengajar
b.
Dari skala 1 hingga 10, dimana posisi Bapak/Ibu sekarang dalam
pencapaian tujuan Anda?
Dalam pencapaian hingga saat ini saya berada di
skala 4, karena baru pada tahap mengenalkan dan saya belum menemukan
ketertarikan rekan terhadap perkembangan teknologi
c.
Apa kekuatan Bapak/Ibu dalam mencapai tujuan tersebut?
Kekuatan sebenarnya adalah kesabaran dan
kolaborasi, sabar dalam memberikan motivasi serta berkolaborasi dengan rekan
guru lain agar dapat memberikan informasi dan manfaat dalam menerapkan
perkembangan teknologi pada ruang lingkup pendidikan.
d.
Peluang/kemungkinan apa yang bisa Bapak/Ibu ambil?
Kemungkinan yang dapat saya ambil adalah dengan
menunjukan manfaat yang telah saya peroleh dalam memanfaatkan perkembangan
teknologi, salah satu contohnya adalah ketika kita memanfaat platform merdeka
mengajar untuk mencari referensi tentang Modul Ajar.
e.
Apa hambatan atau gangguan yang dapat menghalangi Bapak/Ibu dalam meraih
tujuan?
Hambatan utama dalam menerapkan teknologi
adalah sinyal, karena kita tau dalam memanfaatkan perkembangan teknologi kita
sangat membutuhkan jaringan internet karena untuk saat ini platform yang
digunakan rata-rata berbasis clouds.
f.
Apa solusinya?
Solusi dari permasalahan tadi adalah kita
menyiapkan waktu dan jaringan wifi yang dapat menampung minimal 10 user,
sehingga nantinya dalam prakteknya tidak ada yang tertinggal karena pengaruh
jaringan
3.
TIRTA
(Rencana Aksi)
Rencana Aksi (Pengembangan ide atau
alternatif solusi untuk rencana yang akan dibuat)
a.
Apa rencana Ibu/bapak dalam mencapai tujuan?
Rencana saya adalah menjadi guru model dalam
menerapkan perkembangan teknologi pada sekolah saya, sehingga nantinya saya
dapat membantu secara langsung jika rekan mengalami masalah
b.
Adakah prioritas?
Prioritas saya adalah mengenalkan manfaat dalam
perkembangan teknologi, karena dengan mengenal manfaatnya maka akan tumbuh
minat untuk mempelajarinya
c.
Apa strategi untuk itu?
Dengan berkolaborasi, baik itu dengan Kepala
Sekolah, Kordinator Wilayah Kecamatan maupun sesama rekan guru yang memiliki
minat dalam memanfaatkan perkembangan teknologi
d.
Bagaimana jangka waktunya?
Untuk jangka waktu kurang lebih 1 bulan dalam
mengenalkan manfaat serta menumbuhkan minat rekan guru, dalam pencapainnya kita
akan fleksibel karena kita tau rekan-rekan juga memiliki kesibukan yang lain
e.
Apa ukuran keberhasilan rencana aksi Bapak/Ibu?
Ukuran keberhasilannya adalah rekan guru
memiliki minat dan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi khususnya pada ruang
lingkup sekolah
f.
Bagaimana cara Bapak/Ibu mengantisipasi gangguan?
Persiapan sarana dan prasarana, karena saat ini
jika kita berbicara teknologi sangat erat kaitannya dengan jaringan dan device
yang dimiliki.
4.
TIRTA
(Tanggung Jawab)
Tanggungjawab (Membuat komitmen
atas hasil yang dicapai dan untuk langkah selanjutnya)
a.
Apa komitmen Bapak/Ibu terhadap rencana aksi?
Komitmen saya terhadap rencana aksi adalah
mengenalkan kebermanfaatan teknologi, baik itu dengan cara daring maupun
luring, karena menurut saya hal awal yang perlu dimiliki adalah kenal dahulu
dengan target.
b.
Siapa dan apa yang dapat membantu Bapak/Ibu dalam menjaga komitmen?
Jelas semua rekan guru dan kepala sekolah
c.
Bagaimana dengan tindak lanjut dari sesi coaching ini?
Tindak lanjut saya adalah mulai menyusun
langkah awal yang harus saya siapkan dalam menarik minta rekan guru dalam
memanfaatkan teknologi, seperti mempraktekan perkembangan platform merdeka
mengajar yang memang sangat berguna bagi sekolah yang sudah menerapkan kurikulum
merdeka.